Hal- Hal Tentang Dokter Dan Pendidikan Kedokteran Di Indonesia

Dokter....
Dokter....Dokter.....
Mendengar kata Dokter pasti yang terbayang seorang memakai jas putih dan memakai stetoskop atau memikirkan biaya kuliah yang mahal dan waktu yang lama...hmmmm 😐😐
Nahh...untuk itu berikut ini adalalah sekilah tentang Apa itu Dokter dan Jenjang Pendidikannya.
kuliah jurusan kedokteran berapa tahun syarat masuk kedokteran unpad dokter indonesia macam macam dokter deskripsi dokter dalam bahasa inggris dan artinya cara menjadi dokter dokter muslimah dokter animasi tanya dokter boyke dokter kartun biaya pendidikan dokter mata kuliah kedokteran unpad daftar universitas kedokteran di indonesia materi pelajaran kedokteran syarat masuk fakultas kedokteran syarat menjadi seorang dokter
DOKTER

Perngertian Dokter

Dokter Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lulusan pendidikan kedokteran yang ahli dalam penyakit dan pengobatan.
sedangkan Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dokter adalah seseorang yang karena ilmunya berusaha menyembuhkan orang- orang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan dikatakan dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan yang lama dan pelatihan khusus serta memiliki gelar dalam bidang kedokteran.

Jenjang Pendidikan Kedokteran

A. Sarjana Kedokteran (S.Ked)

     nahh untuk program sarjana kedokteran biasanya memiliki rata- rata beban studi kumulatif sebesar 144 SKS, Membutuhkan waktu 7 sampai 14 semester atau 3,5 sampai 7 tahun.

Pada saat menempuh sarjana kedokteran di bagi menjadi 2 tahap yaitu :
1.      Tahap General Education
Berfokus pada program dasar- dasar perkenalan di dunia medis Seperti, Etika Kedokteran, Empati, Anatomi, Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat, dan Histologi

2.      Tahap Medical Sciences
Biasanya dimulai semester 2- 7, disebut juga sebagai masa preklinik contoh bloknya yaitu respirasi, kardiovaskular, faal.

B. Profesi Kedokteran (dr.)

     Kita baru dapat mengambil profesi kedokteran (dr.) apabila telah selesai menjalani sarjana kedokteran (S.Ked). Selanjutnya Melanjutkan ke tahap 3. Co-ass itulah tahapan selanjutnya. Co-ass adalah tahap klinik dimana ilmu yang telah di dapatkan saat Tahap 1 dan tahap 2 untuk dipergunakan. Setelah selesai menyelesaikan tahan klinik ini, maka akan menjalani wisuda lagi untuk dinyatakan berhak mendapat gelar dokter (dr.). Setelah itu akan mengikuti ujian lagi yang bernama Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang diselenggarakan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Gunanya untuk mengukur kemampuan seorang dokter sudah layak atau belum dan hasilnya akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi Dokter (SKD).

Apa sudah selesai dan boleh buka praktik atau melamar pekerjaan ???......
Ternyata untuk mendapatkan surat izin praktik mandiri dan melamar pekerjaan haruslah melakukan internship dulu selama 1 tahun.
Ternyata penuh liku-liku yahh. 😥😥

C. Dokter Spesialis (Spesialis 1)

Pendidikan Dokter spesialis di indonesie dinamakan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), yaitu program pemdidikan untuk melatih seseorang dokter umum menjadi dokter spesialis tertentu. Lama pendidikan ini bervariasi rata- rata 8 semester atau sekitar 4 tahun. Jadi berasa seperti kuliah lagi nihhh  😱😱😱
Dokter umum yang melanjutkan pendidikan sebagai dokter spesialis dinamakan residen.

D. Sub-Spesialis/ Konsultan (Spesialis 2)

Ini merupakan jenjang kedua untuk melanjutkan dokter spesialis yang lebih tinggi. Lama pendidikan berkisar antara 4 sampai 6 semester dan akan mendapatkan gelar Konsultan (K).

E. S2 Kedokteran (Magister)

S2 Kedokteran atau pasca sarjana kedokteran mempunyai gelar Magister (M). Pendidikan ini dapat ditempuh jika telah meraih gelar S1 kedokteran (dr.). Lama pendidikannya adalah 4 – 5 semester. Wahh cepat yahhhh.
Gelar Magister (M) ini adalah gelar Akademik dan bukan jenjang profesi

Ternyata sulit yahh untuk menjadi seorang dokter profesional, tapi dengan kesabaran akan menghasilkan sesuatu yang manis dan baik. Amin 🙏🙏


Comments